Kamis, 25 November 2010

NILAI SOSIAL & CIRI-CIRI NILAI SOSIAL

NILAI SOSIAL.
Sebagai mahkluk sosial, manusia memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Itu sebabnya manusia berinteraksi dengan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia didalam berinteraksi memilika aturan-aturan yang harus dipatuhi,agar tidak bertindak dengan semaunya. Aturan-aturan tersebut biasa dikenal dengan nilai sosial. Nilai sosial sendiri mempunyai arti sebagai sikap-sikap & perasaan yang diterima secara luas oleh masyarakat & merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting.
Nilai sosial biasanya tercipta dari kebutuhan seseorang/sekelompok orang untuk mengendalikan beragam keinginan dari masyarakat yang senantiasa selalu berubah dalam setiap kondisi. Dengan itu masyarakat akan tahu mana yang baik atau buruk, benar atau salah, dan boleh atau tidak boleh.

Ciri-ciri nilai sosial :
1. Tercipta/terlahir dari proses interaksi antar manusia secara intensif & bukan merupakan perilaku yang dibawa sejak lahir.
Contohnya :
Misalkan ada seorang anak kecil bisa menerima nilai dalam menghargai waktu, itu karna dia diajarkan oleh orang tuanya untuk disiplin sejak kecil. Jadi bukan bawaan dari lahir.
2. Dihubungkan melalui proses belajar.
Contohnya :
Nilai menghargai dari sebuah persahabatan, dipelajari oleh seorang anak dari teman-temannya di sekolah.
3. Berupa peraturan sosial yang turut memenuhi kebutuhan sosial.
Contohnya :
Nilai menghargai antre, sekaligus menjadi aturan yang wajib diikuti oleh seseorang dalam kehidupan sosial.
4. Masing-masing nilai mempunyai efek yang berbeda-beda bagi tindakan manusia.
Contohnya :
Nilai mengutamakan uang diatas segalanya namun nilai sebuah kebahagiaan lebih penting dari pada mengumpulkan uang, karna itu dapat menjaga hubungan baik antar sesama manusia.
5. Dapat mempengaruhi kepribadian individu sebagai anggota masyarakat.
Contohnya :
Nilai yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi pasti akan menimbulkan individu yang egois & kurang peduli terhadap orang lain. Sedangkan nilai yang mengutamakan kepentingan bersama akan membuat individu menjadi lebih peka secara sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar