Kamis, 27 Januari 2011

Indonesia-IRRI Kembangkan Benih Padi Tahan Perubahan Iklim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pertanian dan Lembaga Riset Padi Internasional (IRRI) bekerjasama untuk mengembangkan benih unggul padi yang tahan hama penyakit maupun ancaman lingkungan. Menteri Pertanian, Suswono, di Jakarta, Kamis, mengatakan, kerjasama  itu sebagai salah satu upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim saat ini.

"Pengembangan varietas baru tersebut ditekankan untuk memperoleh jenis-jenis padi yang mampu memanfaatkan ketersediaan air yang terbatas, berdaya saing tinggi terhadap gulma dan toleran kekeringan agar dapat dikembangkan di lahan tadah hujan," katanya.

Selain itu, tambahnya, usai penandatanganan kerjasama penelitian antara Indonesia dengan IRRI, juga untuk memperoleh jenis padi yang lebih efisien menyerap pupuk dan menghasilkan beras bernilai gizi tinggi terutama kandungan mineral dan vitamin.

Salah satu dari kerjasama sama tersebut, lanjut Mentan, saat ini sedang merintis varietas yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yakni varietas unggul padi Golden Rice.  "Mudah-mudahan dalam dua tahun ke depan, muncul varietas Golden Rice sehingga bisa mendukung ketahanan pangan dan menambah cadangan pangan di negara kita", katanya.
Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: Antara

Menurut saya :
Kerjasama yang dilakukan oleh Kementrian Pertanian & Lembaga Riset Padi Internasional (IRRI) untuk membuat benih padi yang tahan terhadap serangan hama ini cukup baik ya. Karna hal  itu dapat membuat produksi beras di Negara kita ini menjadi lebih baik lagi. Dan juga dapat meningkatkan perekonomian yang baik untuk para petani. Selain itu juga, dari pengembangan benih padi yang tahan terhadap hama ini didapatkan hasil beras yang sangat berkualitas yang mengandung banyak gizi,mineral & vitamin yang baik untuk tubuh kita. Oleh karna itu, sebaiknya kerjasama seperti ini terus dilakukan agar tercipta hasil-hasil yang lebih memuaskan lagi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dan kita juga harus lebih menghargai para petani-petani yang menanam padi di sawah, yang dapat menghasilkan beras yang berkualitas tinggi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar